Minggu, 20 Maret 2011

Resensi Sistem Operasi - Blackberry

Di jaman modern seperti sekarang ini, hampir semua orang tau apa itu Blackberry. Bahkan bisa dikatakan bahwa beberapa orang menjadikan Blackberry sebagai bagian dari gaya hidup. Sebenarnya apa keunggulan dari Blackberry itu sendiri. Kita tahu bahwa Blackberry telah menggunakan sistem operasi, seperti halnya komputer.

                Seperti halnya sistem operasi pada komputer, sistem operasi ponsel adalah software utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardwaresecara langsung serta menejemen dan mengotrol software-soft lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. Sehingga suatu system operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, scedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya. Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone.

                Sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten.Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel Sistem operasi.

                Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi officeseperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.

                RIM (Research In Motion) selaku pengembang sistem operasi yang digunakan oleh ponsel pintar blackberry menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi Blackberry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat . OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalendar, daftar tugas, catatan dan buku telepon, serta tambahan dukungan bagi Novell GroupWise and Lotus Notes.

                Sistem operasi dari Blackberry yang terbaru saat ini yaitu Blackberry 6. Sistem operasi ini bisa kita nikmati pada smartphone keluaran terbaru Blackberry, yaitu Blackberry Torch. Sistem yang paling mencolok dari OS terbaru mereka adalah Sistem Multi Touch Layar Lebar. Bisa disimpulkan bahwa untuk mengirim sesuatu pada salah satu kontak kita tidak perlu lagi memencet tombol menu, cukup tekan salah satu kontak dan akan keluar tampilan pilihan yang di inginkan . dengan begitu akan lebih singkat bukan ? dan tentunya tidak akan merusak keypad.

                Sebagai pengguna Blackberry, saya bisa merasakan beberapa hal postif yang diberikan sistem operasi Blackberry itu sendiri. Seperti kemudahan yang telah disebutkan di atas, yaitu membuka dan meng-edit dokumen ataupun mengirim e-mail.


Referensi
http://www.belajar-sendiri.com/2010/02/pengertian-dan-fungsi-sistem-operasi-os.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
http://foreverma.wordpress.com/2009/05/06/fungsi-sistem-operasi/
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry
http://acehonline.net/showthread.php?t=5993
http://freesymbian-java.blogspot.com/2009/12/sistem-operasi-pada-ponsel-mobile.html
http://www.tipsblackberry.info/2009/10/cara-upgrade-firmware-blackberry-curve.html
http://uniqpost.com/1631/apa-itu-sistem-operasi-blackberry-6/

0 comments:

Poskan Komentar

your comment, please.. thank you ;)