Rabu, 30 Mei 2012

Rancangan Penelitian

Rancangan penelitian pada dasarnya merupakan “blueprint” yang menjelaskan setiap prosedur penelitian mulai dari tujuan penelitian sampai dengan analisis data.
Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam rancangan penelitian adalah sebagai berikut.

1. Tujuan penelitian
Yang dimaksud dengan tujuan penelitian adalah hasil akhir penelitian itu sendiri. Fungsi tujuan penelitian, di samping untuk mengarahkan proses penelitian juga dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan penelitian.

2. Jenis penelitian yang akan digunakan
Beberapa jenis penelitian yang banyak dipakai dalam ilmu administrasi atau manajemen adalah penelitian deskriptif, korelasional dan eksperimental.

3. Unit analisis atau populasi penelitian
Populasi penelitian ini terdiri dari individual, kelompok, organisasi dan benda.

4. Rentang waktu dan tempat penelitian dilakukan
Terdiri dari One shot or Cross section studies dan Longitudinal studies. One shot or Cross section studies adalah data dikumpulkan hanya sekali. Lalu Longitudinal studies adalah data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu.


5. Teknik pengambilan sampel
Secara umum ada dua teknik, yaitu probabilistic sampling dan non-probabilistic sampling, atau acak dan non-acak. Dalam sampel acak antara lain terdapat simple random sampling, stratified random sampling, area sampling, cluster sampling dan systematic sampling. Dalam non-probabilistic sampling antara lain terdapat accidental sampling, convienience sampling, snow-ball sampling dan purposive sampling.

6. Teknik pengumpulan data
Kita mengenal beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sebuah penelitian bisa hanya menggantungkan pada satu cara pengumpulan data, tetapi bisa juga mengkombinasikannya.

7. Definisi operasional variabel penelitian
Yang dimaksud dengan definisi operasional variabel adalah upaya untuk mengurangi keabstrakan konsep atau variabel penelitian sehingga bisa dilakukan pengukuran. Beberapa peneliti menggunakan istilah indikator.

8. Pengukuran variabel penelitian
Jenis skala pengukuran untuk setiap variabel penelitian perlu diketahui dengan benar. Hal ini berguna untuk menetapkan rumus atau perhitungan-perhitungan statistik. Skala pengukuran yang ada adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.


9. Teknik analisis data
Sebelum data dianalisis, diolah terlebih dahulu. Maka dikenal proses editing, coding, master table dan lain-lainnya. Analisis data mencakup kegiatan mengukur reliabilitas dan validitas, mean, deviasi standar, korelasi, distribusi frekuensi, uji hipotesis dan lain sebagainya.

10. Instrumen pencarian data
Ada beberapa alat yang dikenal sebagai alat pengambil data dalam penelitian sosial atau bisnis. Alat-alat tersebut mencakup wawancara, kuesioner atau angket, observasi dan studi dokumentasi.

Sumber :
usepmulyana.files.wordpress.com/2008/11/rancangan-penelitian.doc

0 comments:

Poskan Komentar

your comment, please.. thank you ;)