Selasa, 26 Maret 2013

Etika pada TSI


Etika pada TSI yang harus dilakukan oleh :

1. Pengguna Teknologi Sistem Informasi
            Para pengguna yang ada di lingkungan kerja, harus bertanggung jawab untuk mengimplementasikan etika dan  profesionalisme Teknologi Sistem Informasi untuk menghindari isu-isu etika yang ada.
            Para pekerja dibidang teknologi informasi  sangat berperan sebagai pengguna Teknologi Sistem Informasi, terbagi menjadi 3 kelompok :
- Sistem AnalisOrang yang bergelut dengan perangkat keras
- Orang yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi

2. Pengelola Teknologi Sistem Informasi
            Pada zaman ini, informasi dipandang sebagai aset atau sumber yang setara dengan sumber-sumber yang lain dan juga mempunyai kekhususan persoalan dan pengelolaannya, sehingga itu diperlukan suatu manajemen khusus yaitu Sistem Manajemen Informasi dengan pengelolanya yang khusus yaitu Manajer Informasi. Teknologi Informasi mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia pada masa ini.

3. Pembuat Teknologi Sistem Informasi.
            Pekerjaan menuntut kita untuk menjadi seseorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja. Didalam pekerjaan kita mempunyai tanggung jawab manajerial. Harus menerima tanggung jawab secara etis seiring dengan aktivitas pekerjaan yang kita jalankan. Ini adalah sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam sistem bisnis dalam organisasi. Seorang manajer atau pebisnis profesional, akan jadi tanggung jawab kita untuk membuat keputusan-keputusan tentang aktivitas bisnis dan penggunaan teknologi informasi, yang mungkin mempunyai suatu dimensi etis yang harus dipertimbangkan dalam dunia teknologi informasi.


ref:
http://liquidred.wordpress.com/2013/03/22/etika-dan-profesionalisme-tsi-tgs-1/

0 comments:

Poskan Komentar

your comment, please.. thank you ;)