Sabtu, 16 April 2011

Pentingnya Mahasiswa Berorganisasi

Organisasi merupakan suatu perkumpulan dari beberapa orang yang memiliki satu tujuan tertentu. Karena memiliki tujuan tertentu, maka sebuah organisasi juga mengatur orang-orang yang menjadi anggota dengan berbagai macam usaha dan kegiatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dengan kata lain memberikan masing” anggota sebuah tanggung jawab. Dalam kehidupan sehari-hari, organisasi menjadi sebuah kebutuhan nyata bagi manusia. Kembali lagi kepada hakikat manusia sebagai makhluk sosial, yaitu manusia tidak dapat berdiri sendiri untuk menjalankan kehidupannya. Di dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia akan selalu bersinggungan dengan manusia yang lain. Persinggungan tersebut dapat menguntungkan (kerja sama) dan dapat pula merugikan (menghisap/menindas). Agar terjadi persatuan yang erat dari kelompok (golongan) manusia yang memiliki kepentingan (tujuan) yang sama, maka manusia tersebut harus membentuk organisasi sebagai wadah persatuan dan kekompakan. Organisasi yang akan mengatur (memimpin) usaha-usaha golongan tersebut agar terwujud tujuannya.
           
            Ada pepatah yang mengatakan bahwa sepotong lidi akan mudah dipatahkan dengan sekali serangan. Namun seikat lidi (seperti sapu) akan sangat sukar dipatahkan dan dapat pula kita pergunakan sebagai alat untuk membersihkan kotoran dan debu.

            Tanpa kita sadari, banyak sekali organisasi di sekitar kita. Mulai dari lingkungan sekolah, bisa kita temukan organisasi siswa sperti OSIS dan MPK. Di lingkungan rumah pun terdapat organisasi seperti karang taruna. Begitu juga di dunia kampus (perguruan tinggi) kita bisa temukan organisasi seperti BEM.

Sebenarnya, apa pentingnya berorganisasi?
Apa yang kita dapat dengan mengikuti suatu organisasi; terutama di perguruan tinggi?

• Melatih bersosialisasi
Organisasi membuat kita jauh dari yang namanya kurang pergaulan. Karena dalam organisasi kita akan terlatih untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang. Dan hal ini sangat berguna buat kita ketika terjun di dunia kerja. Contoh organisasi yang baik untuk bersosialisasi yaitu BEM, organisasi di dalam perguruan tinggi ini membuat kita dekat dengan mahasiswa lain sekaligus dengan banyak dosen.

• Dapat memanajemen waktu maupun orang lain
Orang yang aktif dalam organisasi  akan menyibukkan dirinya, sehingga secara alami dia akan terbiasa untuk memanajemen waktunya. Jadi tidak ada ruginya anda berorganisasi, malahan kita dapat lebih menghargai waktu, dan dapat lebih baik dalam menggunakan waktu tersebut untuk belajar.

• Hidup produktif
Jika kita berorganisasi, waktu kita akan selalu terisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Dan waktuu pun tidak terbuang sia-sia.

• Upgrade softskill
Softskill merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menyambut zaman globalisasi saat ini.

• Belajar berorganisasi melatih kita agar dapat melobi atau membuat proposal yang meyakinkan untuk diakui dan diterima orang lain. Demikian pula ketika terjun ke dunia nyata kelak, untuk memperoleh satu proyek besar, kita harus bisa mengajukan lobi yang menyakinkan untuk menang.

• Merangsang kreativitas
Manfaat berorganisasi yang paling terasa adalah kita akan terlatih untuk menjadi pribadi yang kreatif, selalu memiliki ide-ide, dan terangsang untuk berpikir di luar kerangka yang baku.

• Membuat kamu menjadi pribadi yang menarik
Kalau kamu aktif di BEM, tidak dipungkiri jika setiap mata akan tertuju pada kita. Kita akan jadi idola dan terkenal di kalangan teman-teman kampus. Karena itu melatih kita untuk selalu tampil menawan dan menarik hati.

• Mengajarkan kerja keras, tanggung jawab, pantang menyerah dan tidak suka berpangku tangan
Manfaat berorganisasi yang juga bisa dirasakan adalah kita akan menjadi pribadi yang optimis, penuh tanggung jawab, tidak mudah menyerah, dan tekun. Seandainya kita ditunjuk sebagai ketua panitia sebuah kegiatan, tentu kita harus menyelesaikannya dengan sebaik mungkin karena ada laporan pertanggungjawaban yang harus dibuat kemudian.


ref:

1 comments:

Anna Zhou mengatakan...

suka deh sama opini kamu tentang organisasi, iya banget organisasi itu seru dan banyak banget manfaatnya ^_^

Poskan Komentar

your comment, please.. thank you ;)