Sabtu, 31 Maret 2012

Dampak Perdagangan Bebas Bagi Sarjana Lulusan Komputer

Perdagangan bebas merupakan pertukaran barang dan jasa antarnegara tanpa adanya aturan. Aturan yang dimaksud adalah pajak, kuota ekspor dan impor, peraturan negara tentang proteksi, dan peraturan lain yang bisa dibilang menghambat perdagangan antarnegara. Dengan adanya perdagangan bebas, tentu saja tidak ada proteksi atau perlindungan negara terhadap barang-barang luar negeri.

Perdagangan bebas bisa saja berdampak positif ataupun negatif. Yang pasti dari setiap perdagangan bebas tersebut selalu ada pihak yang mengalami dampak positif dan pihak sebaliknya, menjadi korban.

Lalu bagaimana dampak perdagangan bebas terhadap sarjana lulusan komputer?
Dilihat dari aspek lowongan pekerjaan, dampak positifnya adalah mudahnya penyuplaian tenaga kerja yang merupakan sarjana komputer untuk dapat mengaplikasikan pendidikan yang dimiliki dengan bekerja di luar negeri. Dampak negatif yang timbul sebenarnya berkaitan dengan dampak positif tersebut. Akan terjadi persaingan tenaga kerja di dalam negeri. Karena banyak lulusan komputer dari luar yang akan mencoba perunutungan di negeri tersebut.


referensi :
http://www.anneahira.com/pengertian-perdagangan-bebas.htm (diakses 31-03-2012, 14:26)

0 comments:

Poskan Komentar

your comment, please.. thank you ;)