COCOMO (Constructive Cost Model) merupakan sebuah
kombinasi dari estimasi parameter persamaan dan metode pembobotan.
Pada
tahun 1981, Barry Boehm mendesain COCOMO untuk memberikan
estimasi/perkiraan jumlah person-months untuk mengembangkan suatu produk
perangkat lunak. Referensi pada model ini dikenal dengan nama COCOMO
81. Model estimasi COCOMO telah digunakan oleh ribuan manajer proyek
suatu proyek perangkat lunak, dan berdasar pada pengalaman dari ratusan
proyek sebelumnya.
Secara umum, referensi COCOMO sebelum 1995 merujuk pada model original
COCOMO yaitu COCOMO 81, kemudian setelah itu merujuk pada COCOMO II.
COCOMO II adalah suatu usaha untuk memperbarui model estimasi biaya
perangkat lunak COCOMO yang dipublikasikan dalam Software Engineering
Economics oleh Dr. Barry Boehm pada tahun 1981.Usaha penelitian COCOMO
dilakukan oleh Direktur Pusat Rekayasa Perangkat Lunak di University Of
Southern California, Dr. Barry Boehm dan beberapa peneliti lainnya.
COCOMO Model
1. Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah FP dan LOC. FP = suatu unit pengukuran untuk keterhubungan dan
keterkaitan antar prosedur, fungsi dan lingkungan SW.
2. Intermediate (COCOMO II 1999)
Menghitung dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang berpengaruh langsung kepada
proyek), spt: hardware, personnel, dan atribut-atribut proyek;
3. Advance
Memperhitungkan
semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari
setiap fase (analisis, design, implementation, etc) dlm SW life cycles;
Penjelasan Basic COCOMO
Dengan
menggunakan estimasi parameter persamaan (dibedakan menurut tipe sistem
yang berbeda) upaya pengembangan dan pembangunan durasi dihitung
berdasarkan perkiraan DSI. Dengan rincian untuk fase ini diwujudkan
dalam persentase. Dalam hubungan ini dibedakan menurut tipe sistem
(organik-batch, sebagian bersambung-on-line, embedded-real-time) dan
ukuran proyek (kecil, menengah, sedang, besar, sangat besar). Model
COCOMO dapat diaplikasikan dalam tiga tingkatan kelas:
1. Proyek
organik (organic mode) Adalah proyek dengan ukuran relatif kecil,
dengan anggota tim yang sudah berpengalaman, dan mampu bekerja pada
permintaan yang relatif fleksibel.
2. Proyek
sedang (semi-detached mode)Merupakan proyek yang memiliki ukuran dan
tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat
keahlian yang berbeda
3. Proyek terintegrasi (embedded mode)Proyek yang dibangun dengan spesifikasi dan operasi yang ketat
Penjelasan Intermediate Cocomo
Persamaan
estimasi sekarang mempertimbangkan (terlepas dari DSI) 15 pengaruh
faktor-faktor; ini adalah atribut produk (seperti kehandalan perangkat
lunak, ukuran database, kompleksitas), komputer atribut-atribut (seperti
pembatasan waktu komputasi, pembatasan memori utama), personil atribut (
seperti aplikasi pemrograman dan pengalaman, pengetahuan tentang bahasa
pemrograman), dan proyek atribut (seperti lingkungan pengembangan
perangkat lunak, tekanan waktu pengembangan). Tingkat pengaruh yang
dapat diklasifikasikan sebagai sangat rendah, rendah, normal, tinggi,
sangat tinggi, ekstra tinggi; para pengganda dapat dibaca dari tabel
yang tersedia.
Penjelasan Detailed Cocomo
Model COCOMO II, pada awal desainnya terdiri dari 7 bobot pengali yang
relevan dan kemudian menjadi 16 yang dapat digunakan pada arsitektur
terbarunya. Sama seperti COCOMO Intermediate (COCOMO81), masing-masing
sub katagori bisa digunakan untuk aplikasi tertentu pada kondisi very
low, low, manual, nominal, high maupun very high. Masing-masing kondisi
memiliki nilai bobot tertentu. Nilai yang lebih besar dari 1 menunjukkan
usaha pengembangan yang meningkat, sedangkan nilai di bawah 1
menyebabkan usaha yang menurun. Kondisi Laju nominal (1) berarti bobot
pengali tidak berpengaruh pada estimasi. Maksud dari bobot yang
digunakan dalam COCOMO II, harus dimasukkan dan direfisikan di kemudian
hari sebagai detail dari proyek aktual yang ditambahkan dalam database.sumber :
haryanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16702/COCOMO.ppt
http://fendy-studentsite.blogspot.com/2012/04/cocomo-constructive-cost-model.html
0 comments:
Posting Komentar
your comment, please.. thank you ;)